By Tri Joko Wahyu Adi, phD
Oleh Hartatik, NRP 5211108701
Oleh Hartatik, NRP 5211108701
Berdasarkan kuliah tamu MPTI yang dilaksanakan pada hari kamis, 23 febuari 2012 yang disampaikan oleh Bapak TRi Joko Wahyu Adi, phD tentang penjelasan mengenai hal-hal yang terkait dalam mengatur pembangunan sebuah proyek. Berikut ringkasan mengenai project management In construction tersebut.
Pertama yang perlu diketahui adalah
penjelasan mengenai definisi proyek itu sendiri yang dikutip dari dua pendapat
:
- Soeharto,I. 1999 menyatakan bahwa Proyek adalah kegiatan sementara yang berlangsung dalam jangka waktu terbatas, dengan alokasi sumberdaya tertentu dan dimaksudkan untuk melaksanakan tugas yang sasarannya telah ditetapkan dengan jelas.
- PMBOK 2008 A project is a temporary endeavor undertaken to create a unique product or service.
Di dalam sebuah proyek harus mencakup batasan-batasan yang dikenal dengan sebutan triangle Constraints :
Hal-hal yang harus dipertimbangkan oleh
seorang manager proyek, yaitu
- scope
- resources
- budget
- schedule
- quality
- Risk
Keseimbangan Knowledge
- Technical Aspects
Adalah aspek-aspek
yang bersifat teknik atau sesuai dengan keilmuan dalam membangun proyek itu
ssendiri.
- Socio cultural Aspects
Adalah aspek-aspek
yang berada diluar konsep keilmuan proyek meliputi tentang pemahaman mengenai
lingkungan sekitar yang berhubungan dengan manusia itu sendiri.
Berikut akan dibahas secara terperinci
mengenai cakupan 9 area keilmuan management proyek diatas :
Intergration management
Merupakan area
yang mengikat dari keseluruhan area keilmuan management proyek diatas
Scope management :
Time management
- Activity definition
Sebelum melakukan pelaksanaan sebuah proyek harus
didefinikan secara jelas dan terperinci, mengenai cakupan apa saja yang ada
dalam proyek tersebut
- Activity sequencing
Setelah definisi dalam aktifitas proyek sudah dilakukan
maka perlu dijelaskan urutan dari kegiatan aktivitas tersebut
- Resources estimating
Setelah mengetahui urutan dalam melaksanakan proyek maka
perlu dilakukan estimasi terhadap sumberdaya yang akan terlibat dalam kegiatan
proyek tersebut dan merinci baiaya-biaya.
- Duration estimating
Melakukan estimasi terhadap durasi kegiatan pelaksanaan
proyek
- Schedule development and control
Setelah itu dilakukan pembuatan jadwal untuk pelaksanaan proyek
tersebut dan dilakukan pengontrolan.
Cost management
- Cost management
- Cost budgeting
- Cost control
Dalam area ini
terdapat sumber dana proyek antara lain:
- Dana pemerintah (APBN)
- Dana swasta (Private)
- Kerjasama pemerintah & swasta (public private partnership-ppp), Contoh : proyek jalan tol, power plant, pasar mall
1 Quality management, meliputi :
-
Quality planning
1.
Time
2.
Cost
3.
Product defect
4.
Design/control
5.
Partnering & supply Chain
-
Quality assurance
Quality
control
1 Human resources development
Dalam area ini
perlunya pengembangan sumberdaya manusia yang telibat dalam pelaksanaan proyek
tersebut, perlu ditentukan struktur organisasi.
2 Communication management, terdiri dari
- Communication planning
- Communication distribution
1 Risk management:
-
Risk identification
-
Risk analysis
-
Risk response
-
Risk monitoring & control
Dalam menanggapi
resiko memiliki style dan respon tersendiri :
1 Procurement management
Contoh dari area
yang ke-9 ini adalah layanan pengadaan secara elektronik (LPSE) seperti dalam
memilih seller dan contract administration yang dapat digunakan untuk
mengontrol dan melakukan monitoring terhadap resiko-resiko yang ada pada sebuah
proyek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar